TENTANG UNIVERSITAS BINA DARMA
UBD berdiri atas penggabungan 3 (tiga) Sekolah Tinggi berdasarkan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor :
112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002 yaitu STMIK Bina Darma (Surat Keputusan Mendikbud RI. Nomor : 027/D/O/1994, tanggal 18 Mei 1994), STIE Bina Darma (SK. Mendikbud RI. Nomor : 046/D/O/1994, tanggal 7 Juli 1994), dan STBA Bina Darma (Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor : 143/D/0/2001 tanggal 27 Agustus 2001).
Universitas Bina Darma adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang
mengasuh dan mengembangkan ilmu dan keahlian profesional pada 7 (tujuh)
fakultas (Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan
Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi,
dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program studi
unggulan tiap fakultas yang berada di Sumatera Selatan. Universitas
Bina Darma mempunyai komitmen untuk menciptakan lulusan yang siap kerja
dan dapat diterima di masyarakat. Untuk itulah Universitas Bina Darma
mengusahakan Sertifikasi dari International Organization for
Standarization ( ISO 9001:2000 ), dan pada tanggal 7 Juli 2003 telah
memperoleh Sertifikasi dengan nomor Registrasi 04100. 30981. Dengan
telah ditetapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000 di Universitas
Bina Darma maka setiap aktivitas dilaksanakan dengan terencana dan
hasilnya dapat diukur secara objektif. Hal ini berarti proses belajar
mengajar di Universitas Bina Darma telah sesuai dengan persyaratan dan
peraturan yang berlaku, sehingga lulusannya sesuai dengan apa yang
diharapkan oleh masyarakat.
UBD secara aktif mengembangkan kerja sama di dalam maupun luar
negeri yang saat ini tercatat memiliki perjanjian dengan UBD
diantaranya adalah: University of Industri Selangor (UNISEL) Malaysia,
Sun Microsystem, Barring Edu Training Sdn Bhd-Malaysia, Pearson VUE
Authorised Center-India, NIIT Antilles NV – Neteherlands, Planet Edupro
Indonesia (University of Cambridge English for Speakers of Other
languages (ESOL) Authorised Main Center), Cisco Networking Academy,
Stichting Hogeschool Zeeland (HZ)-Holland, dan NPO International
Japanese Education Center.
LOKASI DAN UNIT KERJA
LOKASI
|
AKTIVITAS/UNIT KERJA
|
Kampus Utama Jalan Jend. A. Yani No. 12 Palembang, Telp. 0711-515581, 515582, 515679, Fax. 0711-515679 |
|
Kampus A Jalan Jend. A. Yani No. 3 Palembang, |
|
Kampus B Jalan Jend. A. Yani No. 3 Palembang, Telp. 0711-515583 |
|
Kampus C Jalan Jend. A. Yani No. 15 Palembang, Telp. 0711-512318 |
|
Kampus D Jalan Jend. A. Yani No. 24 Palembang, Telp. 0711-519195 |
Sejarah Perpustakaan Universitas Bina Darma Palembang
Perpustakaan Universitas Bina
Darma didirikan pada tahun 1994 seiring dengan berdirinya organisasi induk
Universitas Bina Darma. Perpustakaan ini termasuk jenis perpustakaanperguruan
tinggi dan mempunyai tugas pokok memberi layanan jasa perpustakaan di
lingkungan Universitas Bina Darma. Perpustakaan Universitas Bina Darma
merupakan unsur penunjang perguruan tinggi, yang bersama-sama dengan unsur
penunjang lainnya berperan serta dalam melaksanakan tercapainya visi dan misi
Universitas Bina Darma.
Adapun yang menjadi tugas
perpustakaan Universitas Bina Darma adalah mengembangkan koleksi, mengolah dan
merawat bahan pustaka, memberikan layanan perpustakaan, serta melaksanakan
administrasi perpustakaan. Sebagai unsur penunjang perguruan tinggi, dalam
mencapai visi dan misinya, perpustakaan Universitas Bina Darma memiliki
beberapa fungsi sebagai berikut :
- Fungsi Edukasi
Perpustakaan merupakan sumber belajar para sivitas akademika, oleh karena itu koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran. - Fungsi Informasi
Perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi. - Fungsi Riset
Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan,teknologi dan seni. - Fungsi Kreasi
Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreatifitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan. - Fungsi Publikasi
Perpustakaan juga selayaknya membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga perguruan tinggi yakni sivitas akademik dan staf non-akademik universitas Bina Darma. - Fungsi Deposit
Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga universitas Bina Darma.
PROGRAM AKADEMIK
Pendidikan Akademik di UBD terdiri dari program diploma, program
sarjana, dan program pascasarjana yang diarahkan kepada pengusaan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Saat ini UBD memiliki 7 fakultas dan 17
(tujuh belas) Program studi untuk jenjang Strata Satu (S1), Diploma
III (D3), dan Diploma I (D1), sedangkan untuk Program Pascasarjana (S2)
UBD telah memiliki Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika.
Prosesnya dimulai dari penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan satu
kali dalam satu kalender akademik dimana calon mahasiswa harus melalui
tahapan ujian penerimaan mahasiswa baru yang meliputi tes bahasa
Inggris (menggunakan soal dari Esol bekerjasama dengan Cambridge
University), Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Ilmu.
Untuk menyiapkan lulusan agar memiliki daya saing, beberapa program
studi telah mengadopsi materi uji kompetensi profesional yang bersumber
dari industri kedalam kurikulumnya. Pada akhir perkuliahan diharapkan
mahasiswa memiliki kompetensi profesional yang sesuai.Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, materi pembelajaran secara berkala di evaluasi untuk melihat kesesuaian dengan kebutuhan dunia kerja dengan melakukan peninjauan kurikulum 2 tahun sekali. Penetapan kompetensi dimasukan pada setiap matakuliah yang dapat ditinjau dari Pedoman Pengajaran dalam pengawasan pihak penjaminan mutu universitas. Proses pembelajaran telah didukung dengan sistem e-learning (http://elearning.binadarma.ac.id), sebagai salah satu sistem penunjang atau suplemen proses pembelajaran. Dalam satu tahun akademik diselenggarakan 2 semester reguler yang selanjutnya dikenal dengan semester ganjil dan semester genap. Semester pendek dilaksanakan setelah semester genap diselesaikan, sehingga dapat meningkatkan kualitas serta menyelesaikan studi secara tepat waktu.
Daftar Akreditasi Program Studi
NO
|
PROGRAM STUDI
|
JENJANG PROGRAM
|
AKREDITASI
|
1
|
Teknik Informatika | Strata Satu |
B
|
2
|
Sistem Informasi | Strata Satu |
B
|
3
|
Manajemen Informatika | Diploma Tiga |
B
|
4
|
Komputerisasi Akuntansi | Diploma Tiga |
B
|
5
|
Teknik Komputer | Diploma Tiga |
B
|
6
|
Akuntansi | Strata Satu |
B
|
7
|
Manajemen | Strata Satu |
A
|
8
|
Manajemen Perusahaan | Diploma Tiga |
B
|
9
|
Administrasi Bisnis | Diploma Tiga |
B
|
10
|
Teknik Industri | Strata Satu |
B
|
11
|
Teknik Elektro | Strata Satu |
C
|
12
|
Teknik Sipil | Strata Satu |
C
|
13
|
Psikologi | Strata Satu |
C
|
14
|
Sastra Inggris | Strata Satu |
B
|
15
|
Ilmu Komunikasi | Strata Satu |
C
|
16
|
Manajemen | Strata Dua |
C
|
17
|
Teknik Informatika | Strata Dua |
C
|
18
|
Bahasa Indonesia | Strata Satu |
C
|
19
|
Pendidikan Olahraga | Strata Satu |
Proses Akreditasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar