Senin, 16 Desember 2013

universitas bina darma

 TENTANG UNIVERSITAS BINA DARMA
UBD berdiri atas penggabungan 3 (tiga) Sekolah Tinggi  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 112/D/0/2002 tanggal 7 Juni 2002 yaitu STMIK Bina Darma (Surat Keputusan Mendikbud RI. Nomor : 027/D/O/1994, tanggal 18 Mei 1994), STIE Bina Darma (SK. Mendikbud RI. Nomor : 046/D/O/1994, tanggal 7 Juli 1994), dan STBA Bina Darma (Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor : 143/D/0/2001 tanggal 27 Agustus 2001).
Universitas Bina Darma adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mengasuh dan mengembangkan ilmu dan keahlian profesional pada 7 (tujuh) fakultas (Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program studi unggulan tiap fakultas yang berada di Sumatera Selatan. Universitas Bina Darma mempunyai komitmen untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan dapat diterima di masyarakat. Untuk itulah Universitas Bina Darma mengusahakan Sertifikasi dari International Organization for Standarization ( ISO 9001:2000 ), dan pada tanggal 7 Juli 2003 telah memperoleh Sertifikasi dengan nomor Registrasi 04100. 30981. Dengan telah ditetapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000 di Universitas Bina Darma maka setiap aktivitas dilaksanakan dengan terencana dan hasilnya dapat diukur secara objektif. Hal ini berarti proses belajar mengajar di Universitas Bina Darma telah sesuai dengan persyaratan dan peraturan yang berlaku, sehingga lulusannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.
UBD secara aktif mengembangkan kerja sama di dalam maupun luar negeri yang saat ini tercatat memiliki perjanjian dengan UBD diantaranya adalah: University of Industri Selangor (UNISEL) Malaysia, Sun Microsystem, Barring Edu Training Sdn Bhd-Malaysia, Pearson VUE Authorised Center-India, NIIT Antilles NV – Neteherlands, Planet Edupro Indonesia (University of Cambridge English for Speakers of Other languages (ESOL) Authorised Main Center), Cisco Networking Academy, Stichting Hogeschool Zeeland (HZ)-Holland, dan NPO International Japanese Education Center.
 LOKASI DAN UNIT KERJA
LOKASI
AKTIVITAS/UNIT KERJA
Kampus Utama
Jalan Jend. A. Yani No. 12 Palembang,
Telp. 0711-515581, 515582, 515679,
Fax. 0711-515679


  1. Ruang Rektor, Wakil Rektor
  2. Ruang Administrasi
  3. Ruang Dosen
  4. Perpusatkaan MM
  5. Pusat Pelayanan Mahasiswa
  6. Ruang Kuliah
  7. LPPM
  8. UPT-MIS
  9. Biro Penjamin Mutu  (BPM)
  10. Lab. Komputer
  11. Lab. Manajemen
  12. Lab. Simulasi Bisnis
  13. B- Radio (Radio Komunitas)
  14. Lab. Photografi
  15. Lab. Akuntansi & Perpajakan
Kampus A
Jalan Jend. A. Yani No. 3 Palembang,


  1. Lab. Komputer Terapan
  2. Lab. Komputer F, G, H
  3. Lab. Hardware Komputer
  4. Lab. Jaringan
  5. Lab. Komputasi
  6. Lab. Basis Data & RPL
  7. Lab. Microprocessor
Kampus B
Jalan Jend. A. Yani No. 3 Palembang,
Telp. 0711-515583

  1. Ruang Dosen
  2. Ruang Kuliah
  3. English Language Center (ELC)
  4. Lab. Komputer A, B, C, D, E, G,H
  5. Lab. Fisika
  6. Lab. Teknik Sipil
  7. Lab. Teknik Industri
  8. Lab. Teknik Elektro
  9. Lab. Bahasa
  10. Lab. Psikologi
  11. Lab. Maintenance & Repair
  12. Pusat Pelayanan Psikologi
Kampus C
Jalan Jend. A. Yani No. 15 Palembang,
Telp. 0711-512318

  1. Ruang Kuliah
  2. Ruang Dosen
  3. Perpustakaan
Kampus D
Jalan Jend. A. Yani No. 24 Palembang,
Telp. 0711-519195
-->
Sejarah Perpustakaan Universitas Bina Darma Palembang
Perpustakaan Universitas Bina Darma didirikan pada tahun 1994 seiring dengan berdirinya organisasi induk Universitas Bina Darma. Perpustakaan ini termasuk jenis perpustakaanperguruan tinggi dan mempunyai tugas pokok memberi layanan jasa perpustakaan di lingkungan Universitas Bina Darma. Perpustakaan Universitas Bina Darma merupakan unsur penunjang perguruan tinggi, yang bersama-sama dengan unsur penunjang lainnya berperan serta dalam melaksanakan tercapainya visi dan misi Universitas Bina Darma.
Adapun yang menjadi tugas perpustakaan Universitas Bina Darma adalah mengembangkan koleksi, mengolah dan merawat bahan pustaka, memberikan layanan perpustakaan, serta melaksanakan administrasi perpustakaan. Sebagai unsur penunjang perguruan tinggi, dalam mencapai visi dan misinya, perpustakaan Universitas Bina Darma memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
  • Fungsi Edukasi
    Perpustakaan merupakan sumber belajar para sivitas akademika, oleh karena itu koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pembelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
  • Fungsi Informasi
    Perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi.
  • Fungsi Riset
    Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan,teknologi dan seni.
  • Fungsi Kreasi
    Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreatifitas, minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.
  • Fungsi Publikasi
    Perpustakaan juga selayaknya membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh warga perguruan tinggi yakni sivitas akademik dan staf non-akademik universitas Bina Darma.
  • Fungsi Deposit
    Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga universitas Bina Darma.

 PROGRAM AKADEMIK

Pendidikan Akademik di UBD terdiri dari program diploma, program sarjana, dan program pascasarjana yang diarahkan kepada pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Saat ini UBD memiliki 7 fakultas dan 17 (tujuh belas) Program studi untuk jenjang  Strata Satu (S1), Diploma III (D3), dan Diploma I (D1), sedangkan untuk Program Pascasarjana (S2) UBD telah memiliki Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika. Prosesnya dimulai dari penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan satu kali dalam satu kalender akademik dimana calon mahasiswa harus melalui tahapan ujian penerimaan mahasiswa baru yang meliputi tes bahasa Inggris (menggunakan soal dari Esol bekerjasama dengan Cambridge University), Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Ilmu. 
Untuk menyiapkan lulusan agar memiliki daya saing, beberapa program studi telah mengadopsi materi uji kompetensi profesional yang bersumber dari industri kedalam kurikulumnya. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi profesional yang sesuai.
Untuk meningkatkan mutu pembelajaran, materi pembelajaran secara berkala di evaluasi untuk melihat  kesesuaian dengan kebutuhan dunia kerja dengan melakukan   peninjauan kurikulum 2 tahun sekali. Penetapan kompetensi dimasukan pada setiap matakuliah yang dapat ditinjau dari Pedoman Pengajaran dalam pengawasan pihak penjaminan mutu universitas. Proses pembelajaran telah didukung dengan sistem e-learning (http://elearning.binadarma.ac.id), sebagai salah satu sistem penunjang atau suplemen proses pembelajaran. Dalam satu tahun akademik diselenggarakan 2 semester reguler yang selanjutnya dikenal dengan semester ganjil dan semester genap. Semester pendek dilaksanakan setelah semester genap diselesaikan, sehingga dapat meningkatkan kualitas serta menyelesaikan studi secara tepat waktu.
Daftar Akreditasi Program Studi 
NO
PROGRAM STUDI
JENJANG PROGRAM
AKREDITASI
1
Teknik Informatika Strata Satu
B
2
Sistem Informasi Strata Satu
B
3
Manajemen Informatika Diploma Tiga
B
4
Komputerisasi Akuntansi Diploma Tiga
B
5
Teknik Komputer Diploma Tiga
B
6
Akuntansi Strata Satu
B
7
Manajemen Strata Satu
A
8
Manajemen Perusahaan Diploma Tiga
B
9
Administrasi Bisnis Diploma Tiga
B
10
Teknik Industri Strata Satu
B
11
Teknik Elektro Strata Satu
C
12
Teknik Sipil Strata Satu
C
13
Psikologi Strata Satu
C
14
Sastra Inggris Strata Satu
B
15
Ilmu Komunikasi Strata Satu
C
16
Manajemen Strata Dua
C
17
Teknik Informatika Strata Dua
C
18
Bahasa Indonesia Strata Satu
C
19
Pendidikan Olahraga Strata Satu
Proses Akreditasi
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar